Sunday, March 18, 2018

Daun pandan sebagai pewarna alami makanan




Daun pandan adalah salah satu tanaman yang termasuk kedalam tumbuhan monokotil yang dalam satu genus padanus. Tanaman  daun pandan ini berasal dari tropika yang menyebar luas keberbagai daerah seperti Afrika Timur, Asia Tenggara, Australia hingga kepulauan pasifik.
Klasifikasi daun pandan wangi

Kingdom            :Plantae ( Tumbuhan )
Subkingdom       :Trachebionta ( Tumbuhan berpembuluh )
Super Divisi       :Spermatophyta ( Menghasilkan biji )
Divisi                  :Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )
Kelas                   :Liliopsida ( berkeping satu / monokotil )
Sub kelas             :Arecidae
Ordo                    :Pandales
Famili                  :Pandanaceae
Genus                  :Pandanus
Spesies                :Pandanus amaryllifolius Roxb.

Daun pandan mengandung zat saponin, polifenol, alkaloida, dan zat warna hijau. Daun pandan bagus untuk mengobati rematik, penyakit saraf, dan penyakit otot misal pegal-pegal. Daun pandan juga bagus digunakan untuk aroma terapi dalam spa. Selain digunakan dalam bidang kesehatan, daun pandan juga berfungsi sebagai penambah aroma dalam masakan dan penambah warna hijau. Penggunaan daun pandan umumnya dilakukan pada masakan bersantan seperti kolak. Sedangkan zat warna hijau digunakan untuk mewarnai kue basah. Daun pandan juga berfungsi untuk mengharumkam nasi agar lebih wangi dan sedap. Daun pandan juga digunakan penghias makanan agar lebih cantik. Daun pandan digunakan sebagai alas untuk mengukus tanaman atau penghias tumpeng.

Mengolah daun pandan cukup mudah. Daun pandan bisa digunakan sebagai pewarna makanan. Caranya adalah daun pandan digiling dengan sedikit air dan diperas sampai mengeluarkan zat warna hijau. Esens hijau tadi ditambahkan dalam adonan agar kue berwarna hijau.


No comments:

Post a Comment