Sunday, March 18, 2018

Manfaat kunyit



Kunyit atau kunir, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.), adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah MalaysiaIndonesiaAustralia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.
Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jaheanZingiberaceae. Kunyit dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal, seperti turmeric (Inggris), kurkuma(Belanda), kunyit (Indonesia dan Malaysia), janar (Banjar), kunir (Jawa), koneng(Sunda), konyet (Madura).

Kunyit memiliki senyawa kimia bernama kurkumin. Zat tersebut berpotensi untuk membantu proses penyembuhan pada tubuh.

Berikut beberapa manfaat yang mungkin dapat didapatkan dari kunyit:

1. Untuk meredakan demam pada anak
Bagi anda yang memiliki anak yang sedang demam, maka kunyit bisa menjadi obat mujarab. Kandungan minyak atsiri dapat menurunkan demam dan juga panas pada tubuh. Kunyit yang digunakan bisa kunyit kuning atau putih lalu dihaluskan dengan diparut. Setelah itu ditempelkan di kening atau perut. Setelah itu diamkan selama semalam dan oleskan berkali-kali hingga demam turun. Maka anda juga tidak harus selalu memberikan obat untuk anak anda.
2. Menghaluskan kulit
Banyak masker tradisional jaman dahulu yang mengandung kunyit kuning. Terutama karena kulit orang Indonesia yang berwarna kuning langsat, maka kunyit dijadikan sebagai pembersih sel kulit mati atau berguna untuk menghaluskan kulit. Karena kunyit juga mengandung antioksidan yang bisa menghaluskan kulit.
3. Mengobati radang sendi
Kunyit sudah jelas mengandung kurkumin atau curcumin maka warna kunyit terutama kunyit kuning menjadi berwarna dan membekas. Kurkumin memiliki fungsi sebagai bahan yang bisa mencegah radikal bebas dan menghindari sendi dari penyakit peradangan yang bahaya atau kronis.
4. Mengurangi sakit atau menyembuhkan sakit
Kunyit mengandung anti-inflamasi, maka kunyit bisa dimanfaatkan sebagai obat yang menyembuhkan dan mengurangi sakit. Terutama jika terbentuk luka dan ingin membuat luka tersebut cepat kering. Jaman dahulu obat atau bahan kimia yang bersifat septik sangat sulit sehingga menggunakan kunyit sebagai bahan yang bisa mengobati.
5. Melindungi usus besar
Kunyit dapat melindungi usus terutama usus besar sebagai bagian dari organ vital yang mencerna makanan. Kandungan kurkumin pada kunyit menjaga usus besar agar tetap bisa bekerja dan memanfaatkan bahan tersebut untuk menyembuhkan jika terjadi luka pada usus besar. Usus besar bisa sangat berbahaya dan juga rentan jika salah makan. Beberapa kali terjadi kanker usus karena kesalahan gaya hidup. dengan begitu kunyit bisa membantu anda dalam merawat usus jika mengalami kesalahan gaya hidup anda. Memang rasanya yang pahit dan kurang enak, namun akan lebih baik jika kesehatan usus yang paling utama.

Cara menggunakan kunyit sebagai pewarna alami
Warna kuning dari kunyit diperoleh dengan cara diparut sampai halus, diperas atau dicampurkan langsung ke makanan. 


               

No comments:

Post a Comment