Tuesday, March 13, 2018

Tanaman Adas


Tanaman adas adalah tanaman yang sering kita jumpai di sekitar kita. Nama ilmiah tanaman adas adalah Foeniculum vulgare P. Mill. Nama tanaman asal adas berasal dari melayu. Menurut wikipedi sejarah tanaman adas ini berasal dari daerah Laut Tengah timur (Italia ke timur hingga Suriah). Tanaman adas ini banyak digunakan oleh bangsa mesir kuno hingga digunakan bangsa mesopotania. Jenis tanaman adas ini memiliki berbagai jenis seperti adas sowa dari eropa, india dan adapun jenis adas lokal. Fungsi tanaman adas ini daunnya digunakan sayuran dan minyak dari tanaman ini digunakan sebagai campuran dalam pembuatan obat tanaman herbal adas. Ciri tanaman adas ini adalah merumpun. Tanaman ini memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh kita yang mana digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.
Klasifikasi Tanaman Adas

Kingdom              : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom        : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi         : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi                   : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas                    : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas             : Rosidae
Ordo                     : Apiales
Famili                   : Apiaceae 
Genus                   : Foeniculum
Spesies                 : Foeniculum vulgare P. Mill.

Kandungan Tanaman Adas
Kandungan kimia tanaman adas adalah  50-60% anetol, minyak asiri (Oleum Foeniculi) 1-6%, 20% fenkon, felandren, metilchavikol, pinen, limonen, dipenten, anisaldehid, asam anisat, dan 12% minyak lemak. Akar dan biji tanaman adas mengandung stigmasterin (serposterin).

Manfaat dan Khasiat tanaman Adas Untuk Kesehatan antara lain :

1.      Mengobati ambeien.
Ambeien atau wasir merupakan penyakit yang membuat penderitanya minder sehingga merahasiakan penyakitnya. Padahal, penyakit ini bisa disembuhkan dengan ramuan tradisional dari herbal adas. Sediakan 3 sdt adas, 1 butir bawang merah (kupas kulit arinya), 1 cangir daun patikan cina, 1/2 cangkir daun meniran, dan 1 sdt jintan putih (Cuminum cyminum L.).
Semua bahan dicuci bersih lalu direbus dengan 1 liter air hingga tersisa setengahnya. Agar rasanya lebih enak bisa tambahkan gula batu secukupnya. Saring airnya dan minum ramuan tersebut 4-5 kali sehari. Ulangi pengobatan ini sampai beberapa hari.
2.     Mengobati bau mulut.
Bau mulut yang diakibatkan oleh sakit tenggorokan dan sariawan bisa diobati dengan ramuan adas. Bahan yang diperlukan untuk membuat ramuannya adalah 1 sdt adas, 1 gengam daun beluntas, dan 2 biji buah kapulaga.
Semua bahan dicuci bersih lalu direbus dengan 1 gelas air. Tambahkan sedikit garam. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum sambil dikumur-kumur terlebih dahulu. Bisa digunakan untuk tiga kali dalam sehari.
3.     Ambien berdarah.
Ambeien atau wasir ada dua jenis. Ambeien luar yang kelihatan dan ambeien dalam yang biasanya disertai dengan darah saat buang air besar. Ambeien jenis ini juga bisa diatasi dengan ramuan herbal tanaman adas. Bahannya, 2 sdt adas, 4 cm kulit batang pulasari dan 1 buah pisang batu yang masih muda.  Cuci bersih adas dan pulasari lalu direbus dengan segelas air sampai tersisa setengahnya. Beri gula aren biar manis, saring airnya. Buah pisang batu yang masih muda diparut bersama kulitnya. Airnya diperas dan campurkan dengan air rebusan adas pulasari tadi. Minum ramuan tersebut sekali sehari. Ulangi keesokan harinya sampai sembuh.
4.     Mengobati biduren.
Biduran atau gatal kaligata bisa dipicu oleh reaksi alergi terhadap benda atau makanan tertentu. Misalnya alergi udang atau ditempeli bulu ulat bulu yang gatal. Jika anda atau anggota keluarga yang mengalaminya, ambil 2 sdt adas, 7 cm kunyit dikupas kulitnya, dan 2 buah bawang merah dikupas kulit luarnya. Semua bahan dicuci kemudian ditumbuk hingga halus. Seduh dengan 1,5 gelas air panas. Biarkan sebantar lalu disaring. Selagi masih hangat, airnya diminum secara teratur 3 kali sehari. Lakukan secara teratur.
5.     Obat demam.
Demam merupakan reaksi alami tubuh untuk membunuh virus atau bakteri dalam tubuh dengan suhu panas. Namuan ada kalanya karena badan terlalu lelah atau kehujanan. Untuk menagtasinya, siapkan bahan-bahan berikut ini. Ambil 2 sendok teh adas, 4 cm kulit batang pulasari (dicuci dan dimemarkan), 2 sdm madu dan labu air.

No comments:

Post a Comment